Sama seperti ungkapan populer bahwa semua penyakit ada obatnya, hal tersebut juga bisa diimbangi dengan kesadaran bahwa semua penyakit ada pantangannya. Oleh karena itulah bagi Anda yang telah terdiagnosa sebuah penyakit tertentu maka bisa untuk mencari tahu ataupun tetap mematuhi aturan mengenai pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan agar penyakit yang diderita tidak kambuh. Seperti misalnya bagi Anda penderita darah tinggi atau hipertensi, ada beberapa bahan makanan ataupun minuman yang sebaiknya dihindari agar dapat menjaga kesehatan. Adapun jenis makanan dan minuman yang merupakan pantangan penderita hipertensi adalah:

  1. Garam
    Bahan pertama yang harus sangat dihindari oleh penderita hipertensi adalah garam. Dimana bahan ini juga menjadi faktor utama penyebab mengalami hipertensi. Dimana garam yang dikonsumsi dengan porsi yang berlebihan akan dapat menyebabkan penumpukan natrium alami yang ada dalam tubuh. Sehingga hal tersebut akan membuat kerja dari organ ginjal untuk membuang sisa limbah yang ada di tubuh menjadi lebih berat. Sehingga apabila hal tersebut terus terjadi, maka dapat menjadi penyebab hipertensi. Bagi Anda yang belum mempunyai hipertensi, maka sebaiknya untuk mengkonsumsi garam tidak secara berlebihan untuk menghindari penyakit ini. Sedangkan bagi Anda yang sudah mempunyai hipertensi maka masih bisa untuk mengkonsumsi sekitar 1500 mg natrium perharinya yang merupakan batas aman garam untuk dikonsumsi.
  2. Makanan mengandung lemak
    Jenis pantangan selanjutnya yang harus diperhatikan oleh penderita hipertensi dan sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung lemak. Ada dua jenis lemak yang perlu dihindari yaitu lemak jenuh dan juga lemak trans. Makanan yang mengandung lemak tersebut misalnya saja daging merah, mentega, susu yang tinggi lemak, dan juga kulit ayam. Sehingga walaupun rasanya enak akan tetapi sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dalam batas wajar. Karena apabila dikonsumsi terlalu banyak maka dapat menimbulkan kandungan LDL atau kolesterol jahat. Kondisi tersebut akan dapat memperburuk keadaan penderita hipertensi dan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner.
  3. Makanan kemasan
    Bahan selanjutnya yang sebaiknya dihindari karena merupakan pantangan bagi penderita hipertensi adalah makanan kemasan. Hindari untuk banyak mengkonsumsi makanan kemasan dan juga makanan beku seperti pizza. Hal tersebut karena dapat makanan beku dan makanan kemasan mengandung banyak garam yang digunakan untuk bahan pengawet yang digunakan. Oleh karena itulah bagi penderita hipertensi bisa untuk menghindari mengkonsumsi pizza. Selain pizza, makanan lainnya yang perlu dibatasi adalah sup, saus, kacang polong, jagung, dan berbagai makanan dalam kemasan lainnya.
  4. Kafein
    Bahan selanjutnya yang menjadi pantangan untuk penderita hipertensi sehingga akan lebih baik untuk dihindari atau dibatasi konsumsinya adalah kafein. Bahan ini umumnya didapatkan dari kopi ataupun minuman kemasan lain yang mengandung kafein. Selain itu, minuman seperti teh dan soda juga mempunyai kandungan kafein yang dapat untuk membuat penderita hipertensi dapat kambuh. Hal tersebut karena kafein akan dapat untuk menaikkan kadar tekanan darah sehingga membuat hipertensi menjadi lebih parah.
  5. Acar
    Makanan terakhir yang harus dibatasi konsumsinya atau bahkan sebaiknya dihindari oleh penderita darah tinggi adalah acar. Makanan ini yang mempunyai banyak jenis sayuran yang bisa di acar merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Akan tetapi jenis makanan ini mempunyai garam yang tinggi sehingga seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan garam tidak baik untuk penderita hipertensi. Oleh karena itulah apabila ingin mengkonsumsi acar, pilihlah yang mengandung garam di batas normal.

By eddye