Tahun ini adalah kinerja terbaik dari Tim Penghargaan ICT ASEAN atau AICTA Indonesia dalam 8 entri berturut-turut. Tahun ini Indonesia berhasil menjadi 3 finalis dengan memenangkan 2 emas dan 1 perunggu. Berkat pencapaian ini, Indonesia menjadi juara umum di bidang apresiasi atas karya dan produk TI di tingkat ASEAN. Dikutip dari situs resmi Kominfo.go.id berisi kategori yang telah dimenangkan dalam acara ini, Penelitian dan pengembangan, tanggung jawab sosial perusahaan dan sektor swasta.

Ini menunjukkan bahwa di kawasan ASEAN, kualitas sumber daya TI Indonesia semakin diperhitungkan. Setelah menyelesaikan semua fase dan kegiatan, Indonesia berhasil memenangkan 2 medali emas AICTA pada tahun 2019. Emas pertama dimenangkan oleh kategori Sektor Swasta dari tim RiTx Bertani, sedangkan emas kedua dimenangkan oleh kategori Penelitian dan Pengembangan ATM Sehat tim. Selain emas, Indonesia juga memenangkan medali perunggu dari kategori Corporate Social Responsibility, yaitu tim Darah Kita.

Karena akumulasi medali ini, Indonesia secara bersamaan dimahkotai dengan pembelian emas terbanyak dibandingkan dengan negara lain seperti Laos, Singapura, Vietnam dan Thailand, yang masing-masing hanya berhasil mengumpulkan 1 emas. AICTA atau ASEAN ICT Award adalah kompetisi Karya TIK tertinggi di tingkat ASEAN dan menyatukan 6 kategori kelompok, yaitu sektor publik, sektor swasta, konten digital, pemula, penelitian dan pengembangan, dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Selama acara tahunan ini, 18 finalis Indonesia berhasil diangkat melalui kurasi yang ketat dalam pemilihan nasional TIK dan produk dan produk TIK Indonesia yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal untuk aplikasi TI sejak April 2019. Proses penilaian untuk acara ini juga memiliki fase penilaian online dimulai dengan hasil dari 3 tim perwakilan Indonesia yang menempati 3 teratas dalam tiga kategori berbeda, yaitu RiTx Bertani Apps dalam kategori Sektor Swasta, Darah Kita dalam kategori Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan setidaknya pada akhirnya ATM Sehat untuk Kategori Penelitian dan Pengembangan.

By eddye