Diabetes melitus merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan insulin atau berkurangnya efektivitas. Kekurangan insulin ini ditandai dengan hiperglikemia atau peningkatan kadar glukosa melebihi normal. Bertikut ini adalah faktor – faktor seseorang memiliki penyakit diabetes serta bagaimana penanganannya

Faktor Resiko Diabetes Melitus tipe 1

  1. Faktor keturunan
    Faktor ini berasal dari keterununan misalnya ada seorang ayah yang mengidap diabetes menyebabkan anaknya akan mempunyai resiko diabetes tipe 1 ini yang lebih besar menderita diabetes tipe 1 dibandingkan anak dengan ibu pengidap diabetes tipe 1.
  2. Penyakit autoimun
    Penderita seperti ini terdeteksi mempunyai antibody terhadap insulin dan Penyakit ini menyebabkan sel-sel darah putih menyerang dan menyebabkan kerusakan organ pancreas.
  3. Faktor lingkungan
    Misalnya: seseorang yang terjangkit bakteri (infeksi gigi), atau sesuatu yang berkaitan dengan nutrisi (memperkenalkan susu sapi terlalu dini) serta infeksi virus (gondongan, campak jerman, coxsackie – virus yang masuk ke dalam saluran pencernaan tapi bisa menyebabkan radang selaput otak),

 

Faktor resiko Diabetes Mellitus Tipe 2
Meskipun belum diketahui secara pasti mengapa seseorang menderita diabetes sedangkan yang lain tidak, namun beberapa faktor berikut akan meningkatkan resiko anda untuk terkena diabetes tipe 2:

  1. Riwayat keluarga
    memiliki orang tua atau saudara kandung menderita diabetes. Hal ini umumnya berkaitan dengan pola hidup dan pola makan dilingkugan keuarga
  2. Kelebihan berat badan.
    Banyaknya jaringan lemak pada mereka yang kelebihan berat badan menyebabkan sel-sel tubuh makin resisten terhadap insulin. Dan 80 – 85% dari penderita diabetes tipe 2 mengalami kelebihan berat badan bahkan kegemukan/obesitas.
  3. kebiasaan tidak banyak bergerak atau jarang berolahraga
    Semakin besar resiko terkena diabetes jika anda kurang aktif bergerak,. Manfaat aktifitas fisik dan olahraga:
    – Membantu menurunkan berat badan
    -Membuat sel-sel tubuh lebih sensitive terhadap insulin.
    – Membantu membentuk otot, sehingga sebagian besar glukosa di dalam darah akan diserap ke dalam otot.
    – Membantu menggunakan glukosa sebagai sumber energy.
  4. Usia
    Usia membuat beberapa orang menjadi makin jarangberaktifitas fisik / berolahraga, sehingga lebih sedikit jaringan otot yang terbentuk dan bertambahnya berat badan.

Merokok

By eddye